FKP Resmikan Klinik Kreativitas dan menyelenggarakan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
Di Post Oleh : Admin Tanggal : 11/11/2019 Dibaca 128 Kali

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program unggulan bidang kemahasiswaan. Setiap tahun kemenristekdikti memberikan peluang kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk dapat berkompetisi dalam ajang bergengsi ini. Setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengutarakan ide dan karya-karya inovatif kreatif.

Fakultas Kelautan dan Perikanan terus melakukan upaya dalam menumbuhkan semangat mahasiswa dalam pengusulan proposal PKM setiap tahunnya. kegiatan sosialisasi PKM setiap tahun dilaksanakan dengan tujuan menumbuhkan semangat mahasiswa dalam menulis sehingga jumlah proposal yang diajukan semakin bertambah jumlahnya setiap tahun. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2019 di Ruang Kaca Lt.2 Gd. Gelanggang Mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 125 peserta dan diisi oleh para narasumber yang berpengalaman dalam PKM hingga maju ke PIMNAS yaitu Dr. Srimulyati (Dosen Teknik Kimia dan TIM PKM Unsyiah); Aulia Ambarita (Peraih medali perak di PIMNAS 30) dan Wahyu Wahidin (Penerima insentif PKM GFK).  Menurut Dr. Srimulyati ada 3 strategi utama proposal PKM untuk didanai yaitu (1) proposal harus sesuai panduan pkm terbaru; (2) pemilihan topik dan kreativitas pkm; (3) bimbingan dengan dosen.

Pada kegiatan sosialisasi ini juga bersamaan dengan diresmikannya “Klinik Kreativitas” oleh WD III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unsyiah yaitu Dr. Zulkarnain, M.Si. “klinik kreativitas ini kita bentuk sebagai wadah atau forum bagi mahasiswa dalam memaksimalkan potensi diri dengan menjadikan klinik kreativitas ini sebagai tempat diskusi baik dengan sesama tim maupun dosen pembimbing” ujar WD III FKP ini saat membuka kegiatan serta meresmikan klinik kreativitas ini.

Klinik kreativitas ini diketuai oleh Nurfadillah, M.Si yaitu salah satu dosen di Fakultas Kelautan dan Perikanan Unsyiah. Menurut beliau inisiasi pembentukan klinik ini adalah karena masih rendahnya jumlah proposal PKM Mahasiswa yang diajukan serta didanai. Diduga salah satu penyebabnya yaitu masih kurangnya diskusi serta arahan kepada mahasiswa mengenai PKM ini. Harapan beliau dengan adanya klinik ini dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi mengenai PKM dan menjadikan klinik ini sebagai wadah diskusi antar mahasiswa dan dosen secara intens, sehingga pada tahun ini jumlah proposal yang diajukan oleh mahasiswa FKP unsyiah meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Top