Wildlife Conservation Society Tawarkan Beasiswa Penelitian untuk Mahasiswa Unsyiah
Di Post Oleh : Admin Tanggal : 07/10/2019 Dibaca 24 Kali

Wildlife Conservation Society (WCS), Sabtu (5/10/2019), mengadakan sosialisasi beasiswa Research Fellowship Program (RFP) bagi mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh.

WCS merupakan lembaga penelitian Internasional yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Lembaga ini didirikan pada 26 April 1895 dengan nama “The New York Zoological Society. Yayasan ini memulai kegiatannya dengan tujuan memberi pendidikan kepada masyarakat, penelitian zoology, dan perlindungan satwa liar.

WCS sudah bekerja di Indonesia sejak tahun 1965 dan membuka kantor pada tahun 1991 dengan nama WCS Indonesia Program. RFP bertujuan untuk memberikan informasi dan mencari kandidat penerima beasiswa tersebut. Menurut Akhmad Mukminin (Pemateri/Aceh MPA Coordinator, WCS IP), saat ini WCS memberi kesempatan kepada 20 mahasiswa Indonesia untuk menerima beasiswa penuh terkait riset kelautan dan perikanan, dengan fokus utama pada tema ekologi laut, hiu-pari, konservasi dan aspek sosial masyarakat pesisir. Khusus untuk Aceh tersedia dua kuota beasiswa, bahkan bisa bertambah jika peminatnya tinggi.

Dekan FKP yang diwakili Rianjuanda, MSi (Staf khusus WD 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni/Dosen FKP) saat membuka acara itu mengatakan, kesempatan itu langka dan jarang, jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan oleh mahasiswa FKP. “Mudah-mudahan ada mahasiswa kita yang tertarik dan berkesempatan memperoleh beasiswa ini, kami dosen siap mensupport,

Acara tersebut dimulai dengan sesi pemaparan program WCS di Indonesia, khususnya di Aceh, dilanjutkan dengan Info detail Beasiswa RFP, dan ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Menurut seorang panitia kegiatan, Fauzan Aulia (Aceh MPA Officer, WCS-IP) selain mahasiswa FKP, acara ini juga dihadiri mahasiswa fakultas lain di Unsyiah. Itu berarti minat mahasiswa untuk memperoleh informasi dan beasiswa ini cukup tinggi. Nanti, peserta yang lolos seleksi akan dilatih dan dibimbing secara penuh oleh tim WCS selama beberapa waktu di Bogor," tambah Akhmad Mukminin. Pada akhir acara, FKP berterima kasih kepada WCS yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Mereka berharap semoga FKP dan WCS bisa terus bersinergi dalam membangun dan mengembangkan dunia kelautan dan perikanan di Indonesia, khususnya di Aceh.

Source : aceh.tribunnews.com

 

Top