Dekan FKP Unsyiah Runner Up Academic Leader 2019
Di Post Oleh : Admin Tanggal : 10/10/2019 Dibaca 59 Kali

Prof.  Dr. Muchlisin ZA,  S. Pi,  M. Sc, Dekan FKP Unsyiah terpilih sebagai Runner Up Academic Leader Bidang Kemaritiman 2019 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jakarta.   Acara penyerahan penghargaan bergengsi tersebut berlangsung di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta, Selasa lalu (1/10) yang dihadiri sejumlah pejabat,  rektor, dosen, dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Penghargaan Academic Leader 2019 diberikan untuk para akademisi, khususnya dosen yang telah berkontribusi dalam kemajuan pendidikan tinggi Tanah Air.

Pada ajang tahunan bergengsi itu, Prof. Icin -panggilan akrabnya- merupakan satu-satunya peserta dari Sumatera. "Pencapaian ini berkat dukungan dan doa dari pimpinan, rekan sejawat dosen, staf administrasi dan seluruh anggota tim riset di Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP)  Unsyiah. Terima kasih atas semua dukungannya,” tandas Prof. Muchlisin.

Prof. Muchlisin bersama tim peneliti FKP Unsyiah melakukan terobosan dalam proses pembuatan pakan ikan berbasis limbah organik dan bahan aditif lokal berupa enzim dan probiotics untuk menghasilkan pakan  ikan berkualitas dengan harga yg terjangkau bagi petani ikan.  Untuk menghasilkan terobosan tersebut,  pihaknya juga melakukan kolaborasi riset nasional dan internasional. Inovasi ini juga telah dipresentasikan di hadapan tim asesor dan terpilih menjadi runner up academic leader bidang kemaritiman thn 2019 dr Kementerian Ristekdikti. "Kami merencanakan untuk mengurus hak paten hasil temuan ini," terang Muchlisin.

Pada sambutan malam anugerah itu,  Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan penghargaan ini untuk mendorong agar dosen fokus kepada bidang keilmuannya sehingga menjadi panutan bagi rekan sejawatnya. Menurut Ghufron, seperti dikutip dari laman Kemenristekdikti,  tugas pokok dosen adalah pada pengembangan keilmuan, meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Ada 12 kategori penghargaan yang diserahkan pada malam puncak tersebut.  Adapun pemenang utama untuk Bidang Kemaritiman diraih oleh Prof. Dr. Ketut Buda Artana, S.T., M.Sc. (dosen ITS Surabaya)

Top